Sabtu, November 01, 2008

Kecemasan dimusim penghujan, waspadai banjir !!

Ini adalah tangal 1 November, awal bulan pada musim hujan(kan ada lagunya november rain..hehe). Biasanya ditempat tinggal kami ada suatu kecemasan yang selalu datang saat-saat musim penghujan datang. Banjir Bukan? benar, meskipun tidak semua tempat di Kota kami (Bekasi City) kebanjiran tetapi imbasnya dirasakan juga oleh warga kota termasuk kami. Di lingkungan tempat tinggal kami di lalui sebuah kali (sungai kecil) bernama Kali Blencong kami sudah berada di lingkungan ini sejak tahun 1991.

Kebanyakan warga bekerja di daerah Jakarta dan juga termasuk dua anggota keluarga kami, meskipun demikian kondisi banjir tidak membuat kami lebih khawatir jika aliran Kali Blencong lancar , tidak terhambat oleh tumpukan sampah yang memenuhi arus air tersebut mengalir. Dalam jangka panjang Kali Blencong mengalami pedangkalan dan sebab itulah asalmula air meluap hingga memasuki rumah kami lewat saluran air belakang.

Bagaimana ya agar lingkungan tempat tinggal kami dapat membuat kami tenang disaat musim penghujan tiba?

Entah apa prioritas dari sebuah pembangunan suatu kota, jika ada warga yang masih merasakan bencana banjir ini?

Harapan besar tentu sebuah solusi, bagi orang-orang yang bernasib seperti keluarga kami ini. Sosialisasi penanganan banjir dan akibat-akibat setelah terjadi banjir, mulai dari air bersih, MCK, sarana ibadah dan pencegahan wabah penyakit yang biasa terjadi setelah air benar-benar kering dari rumah tinggal kami. Tak ada api tanpa ada asap, masih kurang sadarnya warga tentang akibat-akibat penyebab banjir bukan berarti kita semua terlambat untuk bertindak bukan.

Tidak ada komentar: